}); Contoh Laporan Penutupan Kas dan Berita Acara Pemeriksaan Kas Desa - PEMERINTAH DESA SUKANEGARA

Contoh Laporan Penutupan Kas dan Berita Acara Pemeriksaan Kas Desa




Bendahara desa adalah unsur staf sekretariat desa yang membidangi urusan administrasi keuangan untuk menatausahakan keuangan desa. Bendahara desa merupakan bagian dari PTPKD. PTPKD atau Pelaksana Teknis Pengelolaan Keuangan Desa merupakan unsur perangkat desa yang membantu Kepala Desa untuk melaksanakan pengelolaan keuangan desa. Bendahara di jabat oleh staf pada Urusan Keuangan. Bendahara mempunyai tugas menerima, menyimpan, menyetorkan/membayar, menatausahakan, dan mempertanggungjawabkan penerimaan pendapatan desa dan pengeluaran pendapatan desa dalam rangka pelaksanaan APBDesa. Bendahara Desa wajib melakukan pencatatan setiap penerimaan dan pengeluaran serta melakukan tutup buku setiap akhir bulan secara tertib. Bendahara Desa wajib mempertanggungjawabkan uang melalui laporan pertanggungjawaban. Laporan pertanggungjawaban disampaikan setiap bulan kepada Kepala Desa paling lambat tanggal 10 bulan berikutnya.

Dokumen yang digunakan oleh bendahara dalam melakukan penatausahaan penerimaan dan pengeluaran antara lain, buku kas umum, buku kas pembantu pajak dan buku bank. Buku kas umum digunakan untuk mencatat seluruh bukti transaksi keuangan desa. Buku kas pembantu pajak digunakan untuk mencatat bukti transaksi terkait dengan pemungutan maupun penyetoran pajak oleh bendahara desa. Buku bank digunakan untuk mencatat bukti transaksi terkait dengan penerimaan maupun pengeluaran melalui bank. 

Tutup buku bukan berarti sekedar menutup buku setelah buku dibuka. Tutup buku bagi bendahara berarti melakukan rekapitulasi transaksi keuangan secara rutin setiap akhir bulan.
Bukankah tanggal 1 sampai akhir bulan (setiap hari atau setiap ada transaksi) bendahara mencatat seluruh penerimaan maupun pengeluaran ? pasti ya.
Bahkan setiap transaksi dilakukan baik itu penerimaan maupun pengeluaran wajib dicatat waktu itu juga. Coba bayangkan, seandainya dicatat seminggu sekali, sebulan sekali setiap mau laporan, pasti banyak yang lupa.
Gampangnya tutup buku adalah kegiatan merekap/ menjumlahkan seluruh transaksi pada seluruh pembukuan keuangan. Sehingga bendahara dapat melaporkan keadaan keuangan setiap akhir bulan kepada atasannya.
Bendahara Desa melakukan tutup buku yang terdiri dari BKU, Buku Bank, Buku Pajak, Buku Pembantu Penerimaan maupun Pengeluaran setiap akhir bulan bersama Kepala Desa.
Seluruh pembukuan ditandatangani oleh bendahara dan Kepala Desa setiap tutup buku setelah dilakukan verifikasi oleh sekdes. Sekdes sebagai koordinator Pelaksana Teknis Pengelolaan Keuangan Desa (PTPKD) memverifikasi bukti-bukti pendukung dan bukti fisik setiap transaksi.
Tanda bahwa pembukuan bendahara telah diverifikasi Sekdes dengan membubuhkan parap. Kepala Desa baru menandatangani setelah Sekdes membubuhkan paraf.

Berikut di bawah ini Contoh Laporan Penutupan Kas !




Laporan Penutupan Kas (Format Doc)
Berita Acara Pemeriksaan Kas (Format Doc)

No comments

Jika link download tidak berfungsi silakan konfirmasi ke e-mail abdul.sukanegara@desa.mail.go.id

Terimakasih..
Salam Merdesa !

==================
IKLAN


Menerima Jasa Tutorial dan Pembuatan Blog atau Website, e-mail, Langganan hosting, Pembuatan custom domain,Instalasi Windows 7/8/10, Recover Data dan Jasa Pemulihan Akun Facebook, Instagram, Twitter dll. Engak Usah repot-repot datang ke tempat saya bisa chat via Whatssapp dengan terkoneksi Remote Control . Silakan Chat Via Whatsapp atau Telegram klik link di bawah 👇

http://bit.ly/Azis_pujangga
https://t.me/azispujanggalara

Promo 25 % untuk 100 Member.

#domainmurah #hostingmurah #facebook #instagram #twitter #website #blog #tutorial #email #google #gmail #mailgoid #id #domainesia #wordpress #cpanel #termux #tm14 #bruteforce #ssl #tld #cloudwebhosting #virtualserver

Powered by Blogger.