TAHAPAN PEMANFAATAN JARINGAN KOMPUTER UNTUK APLIKASI SISKEUDES DILINGKUNGAN PEMERINTAHAN DESA
PERSIAPAN
Yang dibutukan pada poin ini adalah :
Jaringan WIFI
(Dalam hal ini saya meggunakan indihome)
Atu juga bisa menggunakan Kabel UTP / RJ45 tapi nanti harus ada tambahan alat seperti HUB dll
Laptop/PC Lebih dari 1 unit
(Lebih Dari Satu artinya ada untuk server dan ada untuk client)
Wireless
Pastikan semua laptop/pc terkoneksi ke modem
PENGOPERASIAN
Penambahan User ID untuk Bendahara dan PTPKDes
Pada tahap ini pastikan aplikasi siskeudes sudah bisa dibuka menggunakan koneksi ODBC ( Open Database Connectivity)
Login menggunakan user ID : admin dan Pasword : admins
Pilih Menu File -----> Pengaturan User ID ---->
klik Tambah ---->
Klik Sub Menu User ID ----> Ceklis ----> Isikan User ID (Misal BENDAHARA) dan Pasword Baru (2005) --> Nama Lengkap (Lingga Basori)----> Plihian Kolom (Ex : Operator) ----> Ketrangan (User) ----> Simpan
Klik Sub menu User Desa ----> Tambah----> Pilih Kecamatan----> Pilih Desa--->Simpan
Sampai Tahap ini kita sudah mempunyai ID tambahan yaitu ID Bendahara, tambahan ID ini bertujuan untuk mempermudah (User) dalam hal ini Bendahara dalam menginput data melalui Siskeudes, tidak hanya sampai disini, kita harus membuat menu (otoritas menu) untuk Bendahara tsb, menu disini yaitu menu yang hanya pekerjaan bendahara saja contohnya Penerimaan Desa, Pencairan SPP, Penyetoran Pajak, Mutasi Kas dan Membuat laporan (BKU, Buku Bank, dll)
Cara menentukan otoritas menu kurang lebih seperti dibawah ini :
Pada Menu Aplikasi Siskeudes : Pilih File ---->Pilih Pengaturan Menu---->
Pilih User Id---->Cari Nama BENDAHARA yang sudah kita buat tadi---->Centang Penatausahaan (Penerimaan, Pencairan SPP, Penyetoran Pajak, Mutasi Kas) ----> Pembukuan (Saldo Awal dan Penyesuaian) ----> Pelaporan (Laporan Penatausahaan dan Laporan Pembukuan) ---->Otoritas Menu ---->Keluar
Untuk Mengetesss mari Kita coba Login memakai User ID yang kita buat tadi Pada Menu Aplikasi Pilih File ---->Logout---->Klik File lagi ----> Login ----> User ID: BENDAHARA--->Pasword : 2005----> OK
Setelah Masuk Klik Data Entri ---->Penatusahaan---->
Pada Gambar Di atas berarti pada saat pengaturan Otoritas Menu Kita Sudah Benar yang aktif untuk Bendahara hanya : Penatausahaan, Pencairan SPP, Penyetoran Pajak dan Mutasi Kas. Sedangkan di Pembukuan ada Saldo Awal dan Penyesuaian
Begitu pula User ID dan Pasword untuk PTPKDes bisa dibuat seperti di atas hanya saja nanti pada saat pengaturan Menu Otoritasnya di bedakan seperti gambar dibawah ini :
Kalo sudah dibuat User ID dan Pengaturan Menu Otoritasnya, kita coba masuk menggunakan User ID yang dibuat tadi (PTPKDes)
Nanti Hasilnya Seperti ini
SERVER (APLIKASI SISKEUDES DAN DATABASENYA)
LAPTOP/ PC SEKDES
Membuat Jaringan Lokal
Pada Poin Pertama kita sudah membuat User ID baru yaitu User ID untuk Bendahara dan User ID untuk PTPKDes, untuk selanjutnya kita akan membuat jaringan lokal (Antara Laptop/Komputer yang satu dengan yang lain bisa share/berbagi data) tipologi jaringan yang akan kita gunakan adalah : Jaringan Nirkabel (Wireless Network).
Dalam jaringan ini diperlukan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisi datanya. Berbeda dengan jaringan berkabel (wired network), jaringan ini tidak menggunakan kabel untuk bertukar informasi/ data dengan komputer lain melainkan menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal informasi/ data antar komputer satu dengan komputer lainnya. Wireless adapter, salah satu media transmisi yang digunakan dalam wireless network. Kurang lebih sebagai berikut :
Modem
Untuk semua IP Laptop menggunakan IP Dinamik saja yang penting semuanya konek ke Modem tidak harus pakai Internet
Selanjutnya kita harus mengaktifkan Network sharing Center
Buka Control Panel Pada Laptop Network and Internet ----> Network and sharing Center ----> Change Advanced sharing Setting Pilih ----> All Network ----> Centang/Ceklis Turn on sharing Centang/Ceklis Enable File Sharing ----> Turn Off Pasword Protect Sharing ----> Save As Change
Apabila semua Laptop sudah di seting seperti diatas maka kita coba buka file Explorer àklik Network. Disana ada nama-nama Laptop yang sudah diseting seperti gambar dibawah, sebagai contoh gambar dibawah hanya ada satu nama laptop karna pada saat membuat modul ini tidak ada laptop selain yang digunakan.
Tentunya kita harus menentukan mana yang akan dibuat untuk menyimpan database aplikasi siskeudes (SERVER). Misalnya laptop Kaur Keuangan atau Sekdes, di folder aplikasi siskeudes tersebut kita harus menyeting agar foldernya dapat terbaca oleh laptop lain yang sudah di seting tadi : (LAPTOP SERVER/KEUANGAN)
File Explorer ----> Cari Folder Siskedues ----> Klik Kanan ----> Propertis ----> Klik Tombol menu sharing ----> klik share ----> pilih Everyone ----> add ---->pilh Read/Write ----> Klik tombol bawah Share ----> Done
Kalo sudah nanti hasilnya seperti ini
Folder Siskeudes dan databasenya terbaca oleh jaringan
File Tersebut kita coba buka di Laptop yang lain, cari File Siskeudes Yang ada di server.
(LAPTOP LAIN / BENDAHARA)
Klik File Explorer ----> Network ----> cari Laptop Server Misal namana : DESKTOP- 23CNGJV ---->Klik 2 X File Siskeudes àKlik Kanan Icon Siskeudes ----> Send To ----> desktop...
Nanti icon siskeudes tersebut akan muncul di layar laptop Bendahara
Kalo Sudah Muncul Di Layar Laptop Bendahara tinggal Klik Kanan Run Administa as adminstrator klik yes kalo ada pesan...
Makan akan muncul .....
Kalo misalnya logo kabupaten yang ada di aplikasi belum logo kab. Lebak, maka koneksi data terlebih dahulu, cari database siskeudes yang digunakan yang ada di Folder siskeudes tadi.
SILAHKAN MASUK BERDASARKAN USER ID MASING-MASING :
KAUR KEUANGAN
SEKDES
PTPKDES
BENDAHARA
Mohon Diperhatikan Poin per Poinnya.
Selamat Mencoba, Selamat Bekerja !
Leave a Comment